RSS

FAKTA-FAKTA SEPUTAR HALLOWEEN

FAKTA-FAKTA SEPUTAR HALLOWEEN


Well, siapa yang belum tahu Halloween? Pasti sudah pada tahukan… sekarang aku akan memberikan informasi seputar Halloween yang aku tahu dan saya dapat infonya dari buku yang saya baca serta dari sumber-sumber lainnya, semoga bermanfaat.


1. Nama lain dari Halloween adalah Samhain dan All Hallows Eve. Tradisi ini dibawa oleh   orang-orang Irlandia yang berimigrasi ke Amerika Utara. Halloween adalah kependekan dari Hallow’s Evening, artinya malam sebelum orang suci yang jatuh pada tanggal 1 November.
2.    Labu kuning yang diberi lubang menyerupai wajah orang dinamakan Jack-ó-Lantern. Menurut legenda Irlandia Jack-ó-Lantern berasal dari cerita seorang pria bernama Jack, seorang petani malas namun cerdas. Ia berhasil menipu setan dan membuat setan berjanji untuk tidak memasukannya ke dalam neraka. Ketika meninggal ia dilarang masuk surga karena banyak berdosa, tapi juga tidak bisa masuk neraka. Arwahnya kemudian berkeliaran sambil membawa lentera.

3.    Sebelum labu, Jack-ó-Lantern awalnya menggunakan lobak yang dilubangi, sebagai tempat menaruh permen untuk menjauhkan dari roh dan hantu. Selain Jack-ó-Lantern, Halloween juga identik dengan penyihir, hantu, vampir, manusia serigala, dan zombie. Kucing hitam dipercaya sebagai budak penyihir untuk menjaga kekuatan hitam, sedangkan di Inggris kucing putih dipercaya sebagai pembawa sial.

4.    Tradisi memakai kostum dan topeng berasal dari budaya Celtic. Mereka percaya bahwa pada malam tersebut para arwah mengunjungi orang-orang yang masih hidup.

5.    Menyediakan makanan ketika Trick Or Treat awalnya untuk menenangkan para roh yang berkeliaran di jalanan. Namun sekarang ‘Trick Or Treat’ banyak disebutkan oleh anak-anak kecil berkostum lucu yang meminta permen atau coklat, artinya adalah “ Beri kami (permen) atau kami jahili.”

6.    Di Mexico, mereka merayakan El Dia De Los Muertos atau perngatan bagi mereka yang sudah meninggal, dimulai pada 31 Oktober malam. Hari para arwah ini juga dirayakan di Brazil dan Filipina.

7.    Warna orange dan hitam menjadi ciri khas Halloween. Orange melambangakan berakhirnya panen, sedangkan hitam melambangkan kegelapan atau kematian.

8.    Jika kita melihat laba-laba di malam Halloween, kabarnya roh orang yang kita cintai sedang mengawasi kita. Sedangkan membunyikan bel di malam Halloween dipercaya dapat mengusir roh yang berkeliaran.

9.    Gadis Skotlandia percaya bisa melihat gambar calon suami mereka jika mereka menggantung kain basah di depan api ketika malam Halloween.

10. Harry Houndini, pesulap yang paling terkenal dan misterius meninggal pada tahun 1926 di malam Halloween.

11.  Tradisi Halloween diperkirakan sudah berlangsung sejak 2000 tahun sebelum masehi, jika dihitung berarti sudah dirayakan lebih 4000tahun hingga sekarang.

12. Setiap tanggal 31 Oktober diadakan parade Greenwich Village Halloween yang digelar di New York. Merupakan parade terbesar di Amerika Serikat, yang diikuti oleh 50 ribu peserta dan ditonton oleh 2 juta orang. Di sini kita bisa melihat kostum-kostum kreatif sekaligus mengerikan hasil dari adaptasi film-film Hollywood.

13. Ketakutan terhadap Halloween disebut Samhainphobia.

14. 86% orang Amerika menghias rumahnya untuk merayakan Halloween.

15. Di Amerika Halloween adalah pesta yang paling ditunggu selain Natal.

16. negara – negara yang biasanya merayakan hari Halloween, yaitu ada Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Britania Raya, Jepang, Bahama, Amerika Serikat, Swedia dan negara – negara Amerika Latin. Bahkan pengusaha di Amerika menyatakan hari Halloween merupakan hari nomor dua untuk menghasilkan untung yang banyak setelah nomor satunya adalah natal.

17. Berikut ini tokoh-tokoh dalam film horor yang ditakuti pada saat Halloween :
    a.    Freddy Krueger : Ia adalah tokoh menakutkan di film A Nightimare on Elm Street. Wajah yang rusak dilengkapi dengan kaos merah hitam sarung tangan lancip jadi ciri khas ‘setan’ ini. Ia selalu membunuh korbannya di dalam mimpi.

    b.    Chucky : Boneka yang dirasuki roh jahat yang selalu membantai siapa saja. Film Child? Play yang dirilis tahun 1988 adalah kemunculan pertamanya.

    c.    Scream : Salah satu film yang tak asing lagi bagi para pecinta film horor. Film pertamanya tayang pada 1996. Yang menarik, pembunuh psikopatnya adalah anak muda. Dalam setiap aksinya ia selalu mengenakan topeng dan jubah bermotif tengkorak.

    d.    Frankestein : Monster ini merupakan gabungan dari berbagai bagian tubuh manusia yang telah mati. Penciptanya adalah seorang ilmuwan, Dr. Henry Frankestein. Ia bisa hidup dengan bantuan tenaga listrik dari petir.

   e.    Jason Voorhees : Tokoh yang muncul dalam film Friday the 13th. Ia muncul pertama kali di tahun 1980. Ciri khasnya mneggunakan topeng hoki dan membawa senjata golok besar.

Publish : Astia_Fantasy World
Sumber : Buku dan Google

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

1. Berkomentarlah menggunakan kata yang sopan dan halus
2. Dilarang SPAM!!!
3. Komentar dilarang mengandung SARA!!!
4. Dilarang menghina atau mengejek individu atau kelompok tertentu

Mengenai Fantasia

Foto saya

aku lahir di bandung, masih tinggal bersama orang tua.
aku anak kedua dari 3 bersaudara. aku anak perempuan satu-satunya. aku sangat menyukai musik, anime jepang, manga jepang, makan, main internet.