RSS

Profile Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe



Nama Asli: Daniel Jacob Radcliffe
Tanggal Lahir: 23 Juli 1989
Tempat Lahir: Fulham, London, Inggris
Tinggi Badan: 172.5
Kewarganegaraan: Inggris
Warna Rambut: Cokelat
Warna Mata: Biru
Ayah: Alan George Radcliffe
Pekerjaan Ayah: Agen karya sastra
Ibu: Marcia Jeannine Gresham
Pekerjaan Ibu: Agen casting film BBC
Kekasih: Laura O'Toole (aktris, 2007 - 2008), Alana Dawes (2008), Rosanne Coker (asisten produksi, 2010 - 2011), Erin Darke (aktris, sejak 2012)
Populer Sejak: Berperan sebagai Harry Potter di serial film Harry Potter (2001 - 2011)

Personal

Daniel Jacob Radcliffe alias Daniel Radcliffe lahir 23 Juli 1989 sebagai anak tunggal pasangan agen karya kesusastraan Alan George Radcliffe dan agen casting film BBC, Marica Jeannine Gresham. Kecintaan Daniel pada akting telah dimulai sejak dia masih berusia lima tahun. Pada Desember 1999, Daniel mengawali debutnya sebagai aktor lewat drama televisi produksi BBC yang merupakan adaptasi dari novel karangan Charles Dickens berjudul sama "David Copperfield". Ketika itu Daniel memerankan versi muda dari karakter utama David Copperfield.

Dua tahun setelah menjajal kemampuan akting sebagai aktor drama TV, Daniel muda kemudian memulai karirnya di layar lebar. Dia terpilih untuk membintangi film adaptasi sebuah novel tentang mata-mata karangan John le Carre berjudul sama, "The Tailor of Panama" (2001). Dalam film yang dibintangi Pierce Brosnan tersebut Daniel berperan sebagai Mark Pendel, putra Harold "Harry" Pendel yang diperankan aktor senior Geoffrey Rush.
Di awal perjalanan karirnya, Daniel sepertinya cukup beruntung dengan film adaptasi dari sebuah novel. Pada tahun yang sama dengan kemunculan film "The Tailor of Panama", Daniel berhasil lolos audisi dan lagi-lagi terpilih untuk membintangi film adaptasi dari seri novel karangan J. K. Rowling berjudul sama, "Harry Potter and the Philosopher's Stone". Dalam film arahan sutradara Chris Columbus tersebut, Daniel berhasil memerankan karakter utama penyihir muda bernama Harry Potter.
Kepiawaiannya berakting sebagai Harry dapat disaksikan di seri film "Harry Potter" yakni "Harry Potter and the Chamber of Secrets", "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", "Harry Potter and the Goblet of Fire", "Harry Potter and the Order of the Phoenix" dan "Harry Potter and the Half-Blood Prince". Adapun Daniel akan kembali menghidupkan karakter Harry Potter di sekuel terbarunya film yang akan tayang tahun ini "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I" dan film yang akan tayang 2011 mendatang, "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II".
Aktor ini dikenal sangat serius dalam menjiwai peran-perannya. Hal itu nampak saat dia tampil sebagai pemuda yang terobsesi pada kuda, Alan Strang, di drama yang digelar di teater West End di London serta di teater Broadway, "Equus" (2007-2008). Dalam perannya tersebut, Daniel sampai rela tampil telanjang di salah satu adegan drama tersebut. Rencananya, Daniel akan unjuk kebolehan menyanyi dalam drama musikal Broadway arahan Rob Ashford, "How To Succeed In Business Without Really Trying", yang akan digelar tahun depan.
Daniel akan berperan sebagai seorang remaja bernama J. Pierrepont Finch yang berprofesi sebagai pembersih jendela. Untuk perannya itu, Daniel tengah serius menjalani latihan menyanyi dan menari bersama pelatih vokal dan asisten Rob. Tak tanggung-tanggung, Daniel melakukan latihannya itu hampir setiap hari. Salah satu lawan main Daniel di drama tersebut, Rose Hemingway, mengaku sangat kagum dengan bakat dan kerja keras Daniel. Rose yang seorang aktris senior itu juga mengungkapkan kalau Daniel sama sekali tak pernah takut mempelajari banyak hal baru.
Selain kesibukannya sebagai aktor, Daniel juga terlibat dalam kegiatan sosial. Tahun 2005, Daniel ikut andil dalam usaha penggalangan dana bagi korban bencana alam Tsunami. Pada 26 Februari 2010 lalu, Daniel terlibat dalam produksi iklan layanan masyarakat yang dibuat lembaga amal di kawasan Wall Street, New York City, Trevor Project. Lembaga tersebut merupakan lembaga amal yang khusus untuk membantu melakukan usaha pencegahan bunuh diri bagi para remaja lesbian, gay, biseksual, transgender dan remaja.

Setelah karirnya yang gemilang dalam membintangi ketujuh sekuel Harry Potter, yang diangkat dari novel terkenal karangan JK Rowling yang tersebar ke seluruh dunia, Daniel menjadi remaja (di bawah 30 tahun) terkaya di Inggris,dengan pendapatan 42 juta pound, mengungguli Kiera KnightleyEmma Watson, Ruppert Grint, dan Robert Pattinson.
Daniel memiliki beberapa pengakuan yang mengejutkan mengenai dirinya, seperti pengakuannya yang mencoba membaca buku Harry Potter ketika berumur 8 tahun, dan tidak mampu menyelesaikannya. Buku ini akhirnya mampu diselesaikannya ketika dia memerankan Harry Potter, dengan buku ketiga, Prisoner of Azkaban sebagai buku favoritnya. Daniel juga mengaku bahwa dirinya tidak pernah benar-benar menonton film THE TAILOR OF PANAMA yang dibintanginya.
Selain itu, hal mengejtukan lainnya adalah bahwa Daniel memiliki kebiasaan buruk yang sukar hilang, yaitu minum minuman keras dan merokok. Daniel tergolong perokok berat yang dapat menghabiskan berpack-pack rokok dalam sehari. Dia mengaku bahwa saat ini dia sedang mencoba mengurangi kebiasaannya minum minuman keras.

KARIR
Karir Daniel dimulai setelah dia membintangi serial TV DAVID COPPERFIELD pada 1999 sebagai Copperfield muda. Dua tahun kemudian, Daniel berperan sebagai Mark Pendel pada filmTHE TAILOR OF PANAMA. Setelah itu, dia mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi pemain Harry Potter.
Nasib rupanya memang berpihak pada Daniel. Kecemerlangannya dalam berakting menarik perhatian Chris Colombus yang memberikannya peran utama sebagai Harry Potter dalam HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE. Pilihan Chris Colombus tersebut juga didukung olehJ.K Rowling selaku penulis seri Harry Potter. Menurut Rowling, dirinya tidak bisa menemukan orang lain yang lebih mirip dengan karakter Harry Potter selain Daniel.
Setelah film ini, Daniel dikenal publik di seluruh dunia, dan tidak bisa dilepaskan dari citra Harry Potter. Oleh karenanya, Daniel mendapatkan kontrak untuk terus melakoni perannya sebagai penyihir cilik yang dilakoninya sejak berumur 11 tahun itu dalam enam film sekuel Harry Potter lainnya hingga 2010, yaitu HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRET, HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN, HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE, HARRY POTTER AND THE ORDER OF PHOENIX, HARRY POTTER AND THE HALF-BLOOD PRINCE, dan HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS yang terus menyita perhatian publik internasional.
Di tengah-tengah pembuatan film-film Harry Potter, Daniel juga sempat membintangi filmDECEMBER BOYS pada 2007 yang dibuat di Adelaide dan beberapa wilayah di sekitar Australia.
Daniel sempat dinominasikan sebagai Best Newcomer pada Variety Club Award. Daniel, yang dalam perannya kerap memakai kacamata ini, juga menerima penghargaan Sir James Carreras sebagai Outstanding New Talent dalam perannya dalam Harry Potter. Time Kids juga menganugerahi Daniel penghargaan Person of the Year 2002.
Pada pertengahan Juli 2010, Daniel mulai berperan dalam film lain selain Harry Potter, yaitu pada THE WOMEN IN BLACK, sebagai Arthur Kipp, seorang pengacara muda yang menyelidiki keberadaan wanita berbaju hitam. Daniel juga dikabarkan akan kembali ke Broadway dengan menjadi bintang dalam drama yang berjudul HOW TO SUCCEED IN BUSINESS WITHOUT REALLY TRYING setelah perannya sebagai Harry Potter sang penyihir tuntas.


SINEMATOGRAFI
Film
2001 The Tailor of Panama: Sebagai Mark Pendel
2001 Harry Potter and the Philosopher's StoneSebagai Harry Potter, Dirilis sebagai Harry Potter dan Batu Bertuah di Amerika Serikat dan India.
2002 Harry Potter and the Chamber of Secrets: Sebagai Harry Potter
2004 HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN: Sebagai Harry Potter 2005 HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE: Sebagai Harry Potter 2007 HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX: Sebagai Harry Potter 2007 DECEMBER BOYS: Sebagai Maps
2009 HARRY POTTER AND THE HALF-BLOOD PRINCE: Sebagai Harry Potter 2010 HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS - PART 1: Sebagai Harry Potter 2011 HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS - PART 2: Sebagai Harry Potter
2012 THE WOMAN IN BLACK: Sebagai Arthur Kipps
2013 Kill Your Darlings: Sebagai Allen Ginsberg.
2013 Horns: Sebagai Ig Perrish
2013 The F Word: Sebagai Wallace.
2015 Tokyo Vice: Sebagai Jake Adelstein, Pre-production.


Televisi
1999    David Copperfield: Sebagai Young David Copperfield,TV movie
2005    Foley and McColl: This Way Up: Sebagai Traffic Warden / Himself           
2006    Extras: Sebagai Dirinya sendiri, Episode: "Daniel Radcliffe"
2007    My Boy Jack: Sebagai Jack Kipling, TV movie
2010, 2013/14 The Simpsons: Sebagai Edmund, Diggs, Episode: "Treehouse of Horror XXI" and "Diggs", respectively (voice)
2010    QI: Sebagai Dirinya sendiri, Episode: "Hocus-Pocus" (guest)
2012    Saturday Night Live: Sebagai Dirinya sendiri / Various, Episode: "Daniel Radcliffe/Lana Del Rey" (host)
2012    Robot Chicken: Sebagai Mullet Kid / Thomas the Tank Engine, Episode: "Hemlock Gin and Juice" (voice)
2012–present   A Young Doctor's Notebook: Sebagai Dr. Vladimir Bomgard (Young), Lead Role; Miniseries
2012    Have I Got News For You: Sebagai Dirinya sendiri, Episode: "44x10" (host)

Teater
2002    The Play What I Wrote: Sebagai Guest, Wyndham's Theatre
2007    Equus: Sebagai Alan Strang, Gielgud Theatre
2008–09 Equus: Sebagai Alan Strang, Broadhurst Theatre
2011–12 How to Succeed in Business Without Really Trying: Sebagai J. Pierrepont Finch, Al Hirschfeld Theatre
2013    The Cripple of Inishmaan: Sebagai Billy Claven, Noël Coward Theatre
Music video
2012    Beginners: Sebagai Main character, Music video for the single by Slow Club.

21 Fakta Mengejutkan
1. Daniel akan menyelenggarakan pesta ulang tahun ke-21 (yang telah direncanakan sejak tahun 2007) dengan tequila, minuman favoritnya.

2. Seri Harry Potter favoritnya adalah buku ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.

3. Majalah Time Kids memberinya anugerah Person of the Year 2002.

4. Daniel mampu memutar lengannya sampai 360 derajat (yang ini udah Author coba dan hasilnya... *jengjengjeng* beuh... SAKIT)

5. Daniel adalah remaja terkaya di Inggris.

6. Sejumput rambutnya terjual sebesar $1.125 pada sebuah lelang di acara pengumpulan dana Comic Relief.

7. Daniel adalah seorang atheis.

8. Daniel sering menulis puisi dengan nama pena Jacob Gershon. Jacob adalah nama tengahnya.

9. Pada umur 16 tahun, Daniel adalah satu-satunya remaja non-bangsawan yang memiliki potret pribadi di Britain's National Potrait Gallery.

10. Daniel menderita kelainan saraf ringan yang bernama dyspraxia.

11. Daniel mendukung Fulham Football Club.

12. Drama kesukaannya adalah 12 Angry Men.

13. Daniel sangat takut pada laba-laba, ular, dan badut (yang ini sama kayak Author, wkwkwk)  14. The Simpsons adalah acara TV favoritnya.

15. Daniel juga bisa berbahasa Spanyol.

16. Orang tua Radcliffe sempat menolak peran Harry Potter dua kali, karena takut masa kecil Daniel terganggu.

17. Daniel dilaporkan menerima bayaran sebesar $110.000 untuk film pertama HARRY POTTER. Bayaran ini membengkak sampai $14 juta untuk Harry Potter and the Order of the Phoenix.

18. Dia memiliki dua anjing yang diberi nama Binka dan Nugget.

19. Daniel pernah berdandan sebagai Batman ketika menghadiri 2009 Reading Festival di Inggris.

20. Beberapa bintang ternama memliki tanggal lahir yang sama dengannya, seperti Michelle Williams, Davis Essex, Travis, Slash, Woody Harrelson, dan Philip Seymour Hoffman.

21. Hari lahirnya juga sama dengan dua wanita yang terkenal karena keburukan mereka, Monica Lewinsky dan pembunuh Moors, Myra Hindley (ih, serem)


Tuh kan, gimana ya rasanya jadi Harry-eh, Daniel... saking senengnya sama HP Author aja salah nyebut mulu NB : jangan lupa kasih komentarmu ya!
Label: Daniel Raddclife, Fakta, Harry Potter



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

1. Berkomentarlah menggunakan kata yang sopan dan halus
2. Dilarang SPAM!!!
3. Komentar dilarang mengandung SARA!!!
4. Dilarang menghina atau mengejek individu atau kelompok tertentu

Mengenai Fantasia

Foto saya

aku lahir di bandung, masih tinggal bersama orang tua.
aku anak kedua dari 3 bersaudara. aku anak perempuan satu-satunya. aku sangat menyukai musik, anime jepang, manga jepang, makan, main internet.